UH INFTK Anindita Charissa Wicaksono 7B

 Ulangan informatika

Anindita Charissa Wicaksono

 

Pertanyaan:

 

1. Informatika adalah?

 

2. Sebutkan 8 elemen informatika!

 

3. Mengapa kita perlu belajar informatika?

 

4. Apa itu berpikir komputasional?

 

5. Apa yang dimaksud dengan 

 

a. algoritma

 

b. optimasi penjadwalan 

 

c. struktur data

 

d. representasi data

 

6. Tuliskan dan masukkan kerja kelompok kalian tentang TIK

 

7. Tuliskan liputan singkat kegiatan digital labs (minimal 300)

 

8. Sebutkan contoh-contoh kegiatan sehari-hari yang menerapkan berpikir komputasional (minimal 3)

 

9. Materi mana saja yang paling menarik dan yang kalian ingin kuasai lebih dalam dari bab 1 sampai bab 3

 

10. apa perbedaan informatika dan TIK

Jawaban:

1. Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan system komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan penggunaan computer untuk menyelesai masalah-masalah sains. 

2. 8 elemen informatika: 

1.TIK: Teknologi Informasi dan Komunikasi

2. SK: Sistem Komputer

3. JKI: Jaringan Komputer/Internet

4. AD: Analisis Data

5. AP: Algoritma dan Pemrograman

6. DSI: Dampak Sosial Informatika

7. PLB: Praktika Lintas Bidang

8. BK: Berpikir Komputasional

3. Kita perlu belajar tentang informatika, agar kita akan bisa menyiapkan diri untuk menghadapi masa depan yang pasti akan lebih maju teknologinya. Selain itu kita juga akan tahu cara menggunakan teknologi computer.

4. Berpikir komputasional adalah cara menyelesaikan persoalan-persoalan sehari-hari yang di baliknya mengandung berbagai macam konsep keilmuan seperti informatika, matematika, sains, atau ilmu sosial.

5. a. Algoritma adalah Langkah-langkah yang disusun secara tertulis dan berurutan untuk menyelesaikan suatu masalah.

b. Optimasi penjadwalan adalah dimana sebuah jadwal tidak bentrok dan lebih optimal dari jadwal yang sudah ada sebelumnya.

c. Struktur data adalah cara yang sistematis untuk mengorganisasi atau dan mengakses data. Struktur data bertujuan agar cara merepresenrasikan data dalam program dapat dilakukan secara efisien.

d. Representasi data adalah merupakan bagaimana cara nilai data disimpan di dalam memori computer.

6. https://www.canva.com/design/DAFK9BwZIEk/321eSKFk08bc1WpYFmKNPA/view?utm_content=DAFK9BwZIEk&utm_campaign=designshare&utm_medium=link2&utm_source=sharebutton

7. Acara kegiatan digital labs adalah kegiatan yang menyenangkan, seru, keren. Acara kegiatan juga bisa menambah pengetahuan tentang pelajaran informatika. Acara digital labs kali ini membuat permainan atau game sendiri atau coding. Acara ini sangatlah berfungsi untuk orang – orang yang suka coding. Tema digital labs kali ini adalah Think Creative & Be Innovative in Digital Era. melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya sekadar belajar teori, siswa SMP Labschool Jakarta juga diberi kesempatan untuk mempraktikkan materi yang di dapatkan nya secara langsung.

Acara digital labs ini di gagas berdasarkan pemikiran bagaimana memanfaatkan teknologi secara kreatif dan inovatif. Apalagi saat ini semuanya serba digital dan online. Acara digital labs 2022 ini di harapkan dapat menjadi ajang bagi siswa Labschool untuk memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk mengembangkan diri. Siswa juga di harapkan bisa mengguna kan skill yang di dapatnya untuk membuat karya yang bermanfaat. Sekitar 200 siswa kelas 9 yang terbagi dalam beberapa kelompok lalu membuat konten dengan vibe positif dengan tema kehidupan di sekolah untuk TikTok. Dan mereka membuktikan bahwa mereka bisa membuat konten positif dan informatif dengan gaya fun khas anak-anak muda Indonesia. Sedangkan siswa kelas 8 di berikan materi animasi dari narasumber yang memang pakar di bidangnya.

Acara digital labs berlangsug di tiga ruangan . Kelas 7 di ruang teater TK, kelas 8 di ruang auditorium, dan kelas 9 di teater kecil Labschool lantai 3. Para narasumber bagus sekali cara menyampaikan materinya. Setiap Angkatan mempunyai materi yang berbeda- beda. materi coding untuk kelas 7, materi animasi untuk kelas 8, dan materi pembuatan konten medsos untuk kelas 9. 

8.      Mencuci pakaian

1.    Dekomposisi. Pada awal ini menentukan hingga mengelompokan pakaian berbagai jenis sendiri yang akan di cuci, menyiapkan alat cuci hingga ember dan memahami proses pencucian.

2.    Pengenalan pola. Mengetahui pola dalam mencuci pakaian dari memilah pakaian untuk dicuci, memperkirakan detergen dan air yang akan dibutuhkan.

3.    Abstraksi. Setelah mengetahui berbagai pakaian yang kotor akan dilanjutkan dengan memahami pakaian yang kotor, menyatukan pakaian hingga mencucinya dan menjemurnya.

4.    Algoritma. Setelah mengetahui langkah di atas dari pemecahan mencuci pakaian dari memilah pakaian, menyiapkan alat, mencuci hingga menjemur.

Memasak nasi

1.    Dekomposisi. Pada tahap awal memasak nasi, mari kita menyiapkan langkah-langkah untuk memecahkan masalah dengan menyiapkan beras, air, tempat nasi hingga pemasak nasi atau rice cooker.

2.    Pengenalan pola. Pengenalan pola dengan memahami dalam proses memasak nasi dari memasak air dulu, memasak beras hingga menyalakan mesin pemasak nasi tersebut.

3.    Abstraksi. Sebuah pandangan beberapa nasi yang dibutuhkan dalam memasak nasi, masukan beras di rice cooker beserta airnya dan nyalakan.

4.    Algoritma. Sudah memahami polanya dari di atas, masukan beras secukupnya, air secukupnya hingga nyalakan mesin pemasak nasi.

Membuat laporan

1.    Dekomposisi. Pada awal memahami pemikiran awal apa yang dibuat dalam laporan tersebut hingga berbagai bagian sampai laporan itu selesai.

2.    Pengenalan pola. Pada pengenalan pola memulai isian laporan, test dan yang inti atau isi laporan yang harus dijelaskan.

3.    Abstraksi. Memahami dalam pengerjaan laporan menjelaskan dengan berbagai penjelasan hingga narasi yang jelas dan dilanjutkan hingga penjelasan akhir laporan.

4.    AlgoritmaSudah memahami pola dari penjelasan di atas dari pengerjaan laporan, penjelasan isi hingga narasi yang dijelaskan hingga akhir.

9. Bab 2 (Berpikir Komputasional) 

10. Fokus utama TIK ada pada teknologi komunikasinya seperti internet, jaringan nirkabel, telepon seluler, dan media komunikasi lainnya.

Di dalam informatika akan dipelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang digunakan dalam mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi. Aspek dari informatika lebih luas cakupannya tidak hanya dari sekedar sistem informasi berbasis komputer saja tapi masih banyak informasi yang tidak ataupun belum diproses dengan menggunakan komputer.

 

  • Sedangkan Informatika adalah disiplin ilmu komputer yang berbasis komputasi. Disiplin ilmu yang termasuk ke dalam Informatika yaitu informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen.

TIK merupakan perangkat teknologi dan sumber daya yang macam ragamnya digunakan untuk mengirimkan, menyimpan, membuat, berbagi, atau bertukar informasi. Adapun contoh dari teknologi informasi dan komunikasi yaitu: 

  • Komputer 
  • Internet (situs web, blog, dan email)
  • Teknologi siaran langsung (radio, televisi, dan webcasting)
  • Teknologi penyiaran yang direkam (podcast), pemutar audio dan video, dan perangkat penyimpanan) 
  • Telepon (telepon kabel, telepon seluler, satelit, visio atau konferensi video)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Alasan saya masuk SMP Labschool

ULANGAN harian inftk anindita 7b

Latihan inftk bab 4